Bekuk Roda, Ajax Awali Musim Dengan Sempurna

Dutch Eredivisie - Ajax v Roda JC KerkradeAjax Amsterdam berhasil mengawali musim dengan poin penuh setelah mengalahkan Roda JC tiga gol tanpa balas di Amsterdam ArenA (2/8). Tiga gol kemenangan Ajax dicetak oleh Ricardo van Rhijn, Siem De Jong, dan Viktor Fischer.

Laga baru berjalan delapan menit, Ajax langsung membuka keunggulan. Sebuah eksekusi tendangan bebas yang tidak mampu dihalau dengan baik oleh kiper Roda mampu disontek dengan sempurna oleh bek Ajax, Ricardo van Rhijn.

Unggul satu gol, Ajax pun terus menambah daya gedor. Beberapa peluang sempat didapat oleh Bojan Krkic dan Kolbeinn Sigthorsson, namun sayang sepakannya belum ada yang mampu membuahkan hasil.

Memasuki menit ke-30, Ajax akhirnya menggandakan kedudukan menjadi 2-0. Sebuah kesalahan koordinasi lini pertahanan Roda membuat Christian Eriksen berhasil mencuri bola dan melepaskan umpan terukur kepada Siem De Jong yang berlari ke arah gawang. Peluang tersebut tak disia-siakan De Jong yang akhirnya melepaskan tendangan keras lewat kaki kanannya.

Usai turun minum, Ajax terus membombardir lini pertahanan Roda. Dalam lima belas menit pertama babak kedua, tercatat tujuh kali pasukan Frank De Boer melepaskan sepakan ke arah gawang.

Tim tamu sebenarnya memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan saat Daley Blind melanggar pemain Roda di dalam kotak penalti. Sayang, tendangan penalti Wiljan Pluim justru melambung tinggi di atas gawang.

Tujuh menit jelang berakhirnya waktu normal, Ajax kembali menambah gol. Tendangan keras Siem De Jong dari luar kotak penalti mampu dimentahkan oleh Kurto. Malang, bola justu hinggap di kaki Viktor Fischer yang dengan tenang mencungkil bola ke arah gawang. Skor 3-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Hasil ini membawa Ajax sementara memuncaki tabel Eredivisie. Kemenangan ini menjadi modal penting bagi Eriksen dkk sebelum menghadapi AZ Alkmaar di laga tandang pekan depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *