Barcelona Tinggal Menunggu Waktu untuk Juara

barcelona2Kemenangan dari Real Betis membuat Barcelona kokoh di puncak klasemen Liga BBVA dengan koleksi 88 poin, unggul 11 angka dari rival terdekatnya, Real Madrid. Situasi itu membuat Barcelona bisa memastikan gelar juara Liga BBVA pada jornada 35 tanpa harus bermain.

Pada jornada 35, pada Minggu (12/5), Barcelona akan menghadapi lawan berat, yakni Atletico Madrid, yang duduk di peringkat ketiga klasemen. El Barca berpotensi kehilangan angka penuh karena harus bertandang ke Stadion Vicente Calderon, markas Los Rojiblancos.
Namun, skuad Blaugrana tak perlu cemas. Mereka bahkan sudah bisa memastikan gelar juara Liga BBVA musim ini sebelum laga kontra Atletico. Skenarionya, andai Madrid, yang akan bermain pada Rabu (8/5), hanya meraih hasil imbang atau bahkan kalah dari Malaga.
Madrid harus menjalani laga tengah pekan karena akan bersua Atletico Madrid di final Copa

Del Rey pada Jumat (17/5), sepekan setelah menghadpai Espanyol di Liga BBVA.
Jika cuma bisa bermain imbang saat menghadapi Malaga, poin maksimal yang bisa diraih Madrid dalam tiga laga tersisa adalah 87, berselisih satu dari koleksi El Barca hingga jornada 34 ini. Dengan demikian, Barcelona sudah dipastikan menjadi juara meski belum menghadapi Atletico.

Skenario lain, Barcelona pun tetap bisa juara sebelum menghadapi Atletico, meski Madrid menang dari Malaga. Namun, dengan syarat, sang rival tak bisa menang saat dijamu Espanyol di Cornella-El Prat pada Sabtu (11/5), sehari sebelum Barcelona bersua Atletico.
Dalam kondisi itu, secara matematis Madrid hanya akan mengumpulkan poin maksimal 87 dan tetap belum menyamai atau bahkan melewati koleksi milik skuad Tito Vilanova. Barcelona pun berhak menjadi juara sebelum sempat bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *