Barcelona Juara Setelah Real Ditahan 1-1 oleh Espanyol

Espanyo vs Real MadridRival sekota Barcelona, Espanyol kali ini berperan besar dalam kepastian gelar juara Liga BBVA. Anak asuh Javier Aguirre ini bahkan sempat unggul lewat Christian Stuani sebelum disamakan Real Madrid melalui sundulan Gonzalo Higuain (11/5).
Pertandingan baru dimulai, Espanyol sudah menggebrak lewat aksi Javi Lopez. Namun pergerakannya masih bisa diadang Luka Modric.
Hingga menit ke-15, Madrid gantian mendominasi melalui beberapa aksi Angel Di Maria. Kerja sama Alvaro Morata dengan dirinya sempat membuat Diego Colotto kewalahan menjaga daerah pertahanan Espanyol.
Satu menit berselang, El Real harus kehilangan bek andalannya musim ini, Raphael Varane. Pemain berkebangsaan Prancis itu terjatuh usai bertabrakan dengan Wakaso Mubarak.
Usai penyelamatan gemilang yang dilakukan Ricardo Carvalho, Madrid akhirnya harus menerima mimpi buruk. Kemelut di depan gawang Diego Lopez akhirnya berbuah gol untuk Espanyol menit ke-23 yang dicetak Christian Stuani.
Menit ke-27, dirinya hampir saja menceta brace . Beruntung Los Blancos masih memiliki sosok tangguh, Lopez di bawah mistar gawang. Hingga babak pertama berakhir, keunggulan bagi tuan rumah tetap bertahan.
Paruh kedua ditandai dengan inisiatif serangan yang dilakukan kubu El Real. Guna menambah daya gedor, pelatih Jose Mourinho memasukan nama Cristiano Ronaldo menggantikan Ricardo Kaka.
Hasilnya tak sia-sia. Satu menit berselang atau tepatnya menit ke-58, gol balasan Madrid tercipta lewat sundulan Gonzalo Higuain. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi Modric, pemain timnas Argentina itu dengan cermat menceploskan bola ke gawang Francisco Casilla.
Pertandingan tersisa 15 menit, Karim Benzema hampir saja memastikan tiga poin bagi tim tamu. Namun, asisten wasit telah melihatnya berada pada posisi offside .
Menit ke-78, Espanyol mendapat peluang emas melalui kemelut yang diciptakan Stuani dan Sergio Garcia. Namun, lagi-lagi Lopez dengan tenang dapat menyelamatkan gawangnya.
Hingga pertandingan berakhir, skor imbang 1-1 bertahan di Estadi Cornella El Prat. Hasil ini memastikan gelar juara Liga BBVA musim 2012-13 jatuh ke tangan Barcelona. Pada klasemen sementara hingga pekan ke-36, Madrid tertinggal 7 poin yang mustahil bisa mereka kejar dalam dua laga terakhir. (Febri)
Hasil lengkap Liga BBVA (11/5):
Bilbao 2-1 Mallorca (Aduriz 8, Llorente 79 – Dos Santos 81)
Valladolid 1-0 La Coruna (Guerra 48)
Osasuna 1-0 Getafe (Arribas 75)
Espanyol 1-1 Madrid (Stuani 23 – Higuain 58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *