Barcelona Hadapi “Mission Impossible” Lawan Bayern Munich

barcelonaBarcelona menghadapi misi sulit saat menghadapi Bayern Munich dalam leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu 1 Mei 2013 (Kamis dini hari WIB). Los Alzugranas membutuhkan kemenangan 5-0 di Camp Nou jika ingin melaju ke partai final.Secara di luar dugaan Barca dikalahkan Bayern Munich 0-4 dalam leg pertama di Allianz Arena pada 23 April lalu. Ini membuat Los Alzuganas menghadapi mission impossible di Camp Nou. Untuk sekedar menang mungkin saja bisa, namun menang 5-0 sepertinya butuh lebih dari keajaiban.

Barcelona memang berhasil memecahkan rekor Liga Champions musim ini. Tim besutan Tito Vilanova itu menjadi tim pertama yang mampu membalikkan keadaan di babak knock-out Liga Champions setelah tertinggal 0-2 di leg 1. Ketika itu Barcelona mengalahkan AC Milan 4-0, setelah kalah 0-2 di San Siro pada babak 16 besar.Namun kekuatan Bayern jelas ada di atas Milan yang sedang mengalami regenerasi. Die Roten sudah memastikan gelar Bundesliga saat liga masih menyisakan 6 pertandingan, dan kini masih unggul 20 poin dari Borussia Dortmund yang menempati peringkat kedua. Tim besutan Jupp Heynckes masih berpeluang merebut treble winners setelah sukses melaju ke final DFB-Pokal.

Sejak mengalami kekalahan 0-2 dari Arsenal pada 13 Maret lalu, langkah Bayern tidak terbendung. Mereka berhasil meraih 10 kemenangan beruntun, dan beberapa di antaranya berakhir dengan skor telak.
Juara bertahan Serie A, Juventus bahkan 2 kali dikalahkan dengan skor 2-0 di partai kandang dan tandang. Bayern berhasil 37 kali mencetak gol dan hanya kebobolan 5 kali, sedangkan Barca dituntut 5 kali membobol gawang Bayern hanya dari satu pertandingan.
Barca harus membuat sejarah baru jika ingin lolos ke babak final. Seperti dilansir Marca, sepanjang 58 tahun sejarah kompetisi klub Eropa, belum pernah ada tim yang mampu membalikkan keadaan setelah tertinggal empat gol di leg 1 babak knock-out. Meskipun sulit, Barcelona rupanya belum mau menyerahkan tiket ke Wembley begitu saja kepada Bayern Munich. Seperti yang diungkapkan oleh CEO Barca, Antoni Rossich.

“Segala kemungkinan masih bisa terjadi dalam sepakbola. Kami masih memiliki kemungkinan untuk mengubah keadaan. Sebab, kami memiliki pemain terbaik. Jadi tidak ada yang tidak mungkin,” ujar Rossich.

“Kami akan melihat, apakah kami masih mampu untuk bisa lolos ke final. Tapi kami harus tetap optimis melihat kesempatan itu,” lanjutnya.

Demi mengincar tiket ke final, bintang Barcelona, Lionel Messi tetap menjalani latihan meski skuad Alzugrana diliburkan, Senin 29 April 2013. Pemain asal Argentina ini sepertinya ingin memperbaiki penampilannya setelah gagal total di leg pertama. Seperti yang dilansir Marca, Messi tetap menjalani latihan di gym Ciutat Esportiva ditemani oleh fisioterapis. Striker timnas Argentina itu berusaha keras untuk mengembalikan kondisi terbaiknya setelah sempat mengalami masalah hamstring.

Namun, bukan hanya Messi yang menjalani latihan di gym. Eric Abidal dan Adriano memilih untuk tetap latihan, sedangkan Carles Puyol dan Javier Mascherano harus menjalani program pemulihan cedera.

Pelatih Barca, Tito Vilanova juga memilih untuk tetap bekerja meski memberi skuad Barcelona hari libur. Pelatih 44 tahun itu menjalani aktivitas di kantornya. Skuad Barcelona akan kembali berlatih hari ini, Selasa 30 April 2013. Menurut laporan Mundo Deportivo, Barca berniat ‘mencicil’ gol di Camp Nou. Vilanova ingin Alzugrana unggul 2-0 di babak pertama. Diharapkan hal tersebut bisa mempermudah misi Barca di babak kedua.

Vilanova juga menginstruksikan pemain Barca untuk memperpanjang tendangan jarak jauh dan menguji kiper Bayern, Manuel Neuer. Dia berharap Barca bisa melakukan tendangan jarak jauh lebih banyak daripada yang dilakukan di Allianz Arena.

Sedangkan Bayer Munchen Meskipun berada di atas angin, Bayern Munich enggan jumawa. Die Roten masih mewaspadai kekuatan Barca di leg kedua nanti.

“Mereka akan tampil sangat termotivasi dan agresif. Kami tampil baik di leg 1 melawan Barcelona, namun kami harus tetap waspada. Kami harus tetap fokus sampai akhir agar bisa lolos ke final,” kata bek Bayern, Dante pada Kicker.

“Barca akan bernafsu untuk membalas dendam. Mereka akan melakukan segalanya untuk membalikkan keadaan, namun
kami tak akan membiarkan mereka mengejutkan kami. Satu hal yang pasti, Barca akan tampil menyerang,” sambung pemilik nama lengkap Dante Bonfim Costa Santos ini.

Sementara itu, pelatih FC Hollywood, Jupp Heynckes menegaskan timnya tak akan menerapkan strategi “parkir bus” saat melawan Barca.

“Kami akan mencoba mencetak satu atau dua gol dan itu bisa terjadi. Mereka akan mencoba menekan sejak awal dan membuat kami tertekan,” papar Heynckes seperti dilansir situs resmi klub.

“Tapi, kami juga harus bermain bertahan dan memaksakan mereka untuk bermain dengan gaya permainan kami seperti di Allianz Arena,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *