Barcelona Berhasil Mengalahkan Rival Abadinya” Real Madrid”

FBL-ESP-LIGA-BARCELONA-REALMADRID

Barcelona akhirnya sukses menunjukkan superioritas atas Real Madrid di Camp Nou pada El Clasico kali ini (26/10). Adalah Neymar dan Alexis Sanchez yang berhasil menjadi pahlawan. Berkat dua gol mereka, La Blaugrana mampu unggul dengan skor tipis 2-1.

Pada pertandingan ini, baik Gerardo Martino maupun Carlo Ancelotti menampilkan beberapa kejutan dalam starting lineup mereka. Di kubu tuan rumah, Barca menurunkan Javier Mascherano sebagai pendamping Gerard Pique dan juga memainkan Cesc Fabregas sebagai false nine diapit Lionel Messi dan Neymar.

Sementara di kubu tim tamu, kapten di luar dugaan Sergio Ramos dipasang sebagai gelandang bertahan yang bukan merupakan posisi naturalnya. Madrid juga bermain tanpa striker murni dengan mengandalkan trisula Angel Di Maria, Cristiano Ronaldo, dan Gareth Bale.

Kedua tim mengawali laga dengan cukup berhati-hati. Tak ada peluang berarti yang di dapat oleh kedua tim di lima belas menit pertama. Barca mendominasi permainan namun masih kesulitan memasuki kotak penalti lawan.

Tampil di markas sendiri tentu menjadi motivasi tersendiri bagi Barca. Mereka mampu menguasai bola. Tak perlu waktu lama bagi tuan rumah untuk membuka skor lantaran Neymar berhasil merobek gawang Diego Lopez pada menit ke-18. Sekitar empat menit berselang, Lionel Messi pun hampir menggandakan keunggulan usai membuat para bek lawan kerepotan. Sayang, tendangannnya sedikit melebar dari tiang.

Messi hampir saja menggandakan kedudukan di menit ke-21 saat ia mendapatkan peluang satu lawan satu dengan Lopez di sisi kiri pertahanan Los Blancos, namun eksekusi La Pulga masih jauh dari sasaran.

Bale kembali menebar ancaman saat mampu melepaskan tembakan ke arah gawang Barca dengan tembakan dari luar kotak penalti pada menit le-26, tapi lagi-lagi eksekusi tembakannya melambung dari gawang.

Peluang terbaik Madrid sendiri baru tercipta jelang turun minum. Umpan pendek Cristiano Ronaldo berhasil disambut Khedira. Namun, tembakannya masih dapat ditepis oleh kiper Victor Valdes. Skor 1-0 bagi armada Tata Martino.

Babak pertama ditutup dengan hadiah kartu kuning yang didapatkan Bale saat melanggar Gerard Pique. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, La Blaugrana tetap berusaha untuk mendominasi permainan. Meski demikian, hal tersebut rupanya tak membuat pasukan Carlo Ancelotti patah arang. Mereka justru lebih berani menyerang masuk ke pertahanan lawan.

Beberapa kali Los Blancos mampu menciptakan ancaman berbahaya melalui Ronaldo, Angel di Maria dan Karim Benzema. Beruntung, Valdes yang beraksi dengan tangkas mampu menggagalkan pelbagai serangan Madrid.
Delapan menit babak kedua berjalan, Neymar memperoleh peluang untuk menggandakan kedudukan menyambut umpan lambung dari Andres Iniesta. Namun tendangan first time pemain asal Brasil tersebut dengan cemerlang mampu dihalau oleh Lopez.

Madrid memiliki kesempatan bagus untuk menyamakan kedudukan di menit 58. Hilangnya penguasaan bola dari Iniesta berujung serangan balik yang dieksekusi dengan tendangan keras kaki kiri Ronaldo, namun Valdes masih mampu mementahkan tembakan tersebut.

Setengah jam sebelum pertandingan berakhir, Ancelotti memutuskan untuk menarik keluar Bale dan memasukkan Karim Benzema. Sejak pergantian tersebut, Madrid lebih mendominasi permainan dan terus mengurung pertahanan Barca untuk mencari gol penyeimbang. Martino akhirnya melakukan subtitusi pertamanya di menit 69 dengan menarik keluar Fabregas dan memasukkan Alexis Sanchez.

Madrid semakin menekan dan kembali mengklaim sebuah penalti saat di menit ke 69 Ronaldo terlihat dijatuhkan oleh Mascherano, namun wasit tidak melihatnya sebagai pelanggaran. Semenit kemudian, Benzema nyaris menyamakan kedudukan saat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti membentur mistar gawang tuan rumah.

Kedua pelatih memodifikasi kembali strateginya dengan melakukan pergantian pemain di waktu yang nyaris bersamaan. Di kubu Madrid, Jese Rodriguez masuk menggantikan Di Maria, sementara Barca menarik Iniesta untuk digantikan Alex Song.

Barca masih bernafsu menambah keunggulan atas rival abadinya. Mereka terus mencari celah dari sektor pertahanan Madrid. Benar saja. Alexis Sanchez berhasil mendulang gol dari tembakan di luar kotak penalti pada menit ke-78. Tendangannya sulit dihalau oleh Lopez. Skor 2-0 bagi Barca.

Dani Alves hampir saja memperbesar skor lima menit kemudian. Usai melakukan nutmeg melewati Ronaldo, pemain asal Brasil tersebut tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Lopez. Namun eksekusinya masih mampu dimentahkan oleh sang kiper.

Neymar akhirnya ditarik keluar pada menit ke 84 untuk digantikan Pedro. Eks striker Santos ini mendapatkan aplaus dari publik Camp Nou saat meninggalkan lapangan.

Keunggulan tuan rumah nyatanya tak meruntuhkan semangat Madrid. Mereka masih berusaha menyamakan kedudukan. Hal ini dibuktikan dari gol Jese Rodriguez di masa injury time. Sayang, singkatnya waktu membuat Ronaldo dkk tak dapat mengejar ketinggalan. Hingga peluit akhir dibunyikan skor 2-1 tak berubah.
Tak ada lagi gol tambahan tercipta dalam pertandingan ini. Dengan kemenangan tersebut, Barca bertahan di puncak klasemen dan melebarkan jarak menjadi lima poin dengan Madrid, yang sementara ini masih tertahan di posisi ketiga.

Susunan Pemain:
Barcelona :  Valdes; Alves, Pique, Mascherano, Adriano; Busquets, Xavi, Iniesta (Song ’77); Neymar (Pedro ’84), Fabregas (Sanchez ’70), Messi

Real Madrid :   Diego Lopez; Arbeloa, Varane, Pepe, Marcelo; Ramos (Illarramendi ’56), Khedira, Modric; Bale (Benzema ’61), Di Maria (Jese ’76), Cristiano Ronaldo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *