Aston Villa Bantai Sunderland : 6 – 1

sunderland vs aston villaKemenangan besar diraih Ashley Westwood dkk saat dilangsungkannya pertandingan krusial di zona bawah antara Aston Villa vs Sunderland di Villa Park, Selasa (30/4/2013) dini hari WIB. Skor 6-1 menjadi hasil akhir yang memuaskan bagi Aston Villa yang diiringi hat-trick yang dikemas Christian Benteke. Kemenangan telak ini membawa Villa naik satu tingkat ke posisi 16 untuk menggusur Newcastle United.

Kedua tim tampak bermain hati-hati saat pertandingan masih memasuki menit awal. Baik The Villans maupun The Black Cats tampak tak ingin kecolongan lebih dahulu di laga krusial seperti ini.

Peluang bagus bagi Villa lahir di menit 28. Kerjasama satu dua Gabriel Agbonlahor dan Christian Benteke membawa nama pertama berhadapan satu lawan satu dengan kiper Sunderland, Simon Mignolet. Namun sontekan pelannya melenceng tak jauh dari tiang kanan gawang Mignolet.

Publik Villa Park bersorak di menit 31. Adalah sang kapten, Ron Vlaar, yang melesatkan tendangan dari jarak 30 meter dan menghujam ke pojok kanan gawang Mignolet. Gol yang cukup bagus.

Semenit kemudian, gol kembali tercipta namun justru membuat fans tuan rumah terdiam. Kerjasama apik Danny Rose dan Craig Gardner yang dilanjutkan umpan satu-dua Rose dan Danny Graham membuat bek kiri tim tamu itu punya ruang tembak bagus di dalam kotak penalti. 1-1!

Menit 38, Villa memeragakan sebuah pola permainan yang patut diacungi jempol. Keberhasilan Matthew Lowton memotong alur permainan Sunderland dilanjutkan dengan fast break dan diakhiri umpan manis ke sisi kiri dimana ada Andreas Weimann berdiri bebas. Dengan sekali kontrol, Weimann menempatkan bola ke tiang jauh dan Villa unggul lagi.

Jelang babak pertama berakhir, Sunderland sebenarnya mampu mencetak gol via Gardner. Namun gol harus dianulir karena sebelumnya Graham melanggar kiper Brad Guzan.
Sepuluh menit babak kedua berlangsung, Villa memperbesar keunggulannya. Aksi individu Agbonlahor diakhiri dengan tendangan kaki kiri yang bisa ditepis Mignolet. Bola muntah kemudian disambar kepala Christian Benteke untuk menghukum lengahnya pertahanan Sunderland kali ini.

Lima menit berselang, nama Christian Benteke kembali dielu-elukan fans tuan rumah setelah ia mencetak gol keduanya di laga ini. Berawal dari sebuah sepak pojok, pemain Belgia itu mengalahkan John O’Shea dan Carlos Cuellar di tiang jauh untuk merubah keadaan menjadi 4-1.

Menit 67, anak asuh Paul Lambert nyaris mencetak gol kelima mereka andai tak ada hadangan bagus dari Mignolet untuk menggagalkan tendangan Weimann. Cuellar juga berperan besar setelah ia juga mengenyahkan bola hasil sepakan kedua Weimann.
Sunderland harus bermain dengan 10 orang memasuki menit 70 setelah wasit Lee Probert mengeluarkan kartu merah langsung pada Stephane Sessegnon setelah ia menerjang engkel Yacouba Sylla. Dengan sisa tiga laga, sepertinya musim Sessegnon sudah berakhir.

Villa memanfaatkan dengan benar kondisi Sunderland yang rapuh. Keteledoran Cuellar di menit 72 berbuah fatal setelah Christian Benteke mendapat ruang tembak yang bagus di kotak penalti Sunderland. Dan benar saja, ia sukses mencetak hat-trick dan mempermalukan Mignolet yang juga merupakan rekan senegaranya.

Gol penutup tercipta di menit 88. David Vaughan yang baru semenit berada di lapangan sudah membuat blunder fatal dengan mengirim umpan ke belakang yang tak mampu dijangkau O’Shea. Bola lepas diserobot Gabriel Agbonlahor yang selanjutnya dengan mudah menaklukkan Mignolet.

Data Pertandingan:
Aston Villa 6-1 Sunderland (Vlaar 31’, Weimann 38’, Benteke 55’, 60’, 72’, Agbonlahor 88′ / Rose 32’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *