Alba-Negredo Jadi Pahlawan Spanyol di Helsinki

Alba-Negredo-Jadi-Pahlawan-Spanyol-di-Helsinki_duniasoccer615

Hasil memuaskan diperoleh Spanyol bertandang ke Helsingin Olympiastadion di kota Helsinki, Finlandia. Anak asuh Vicente Del Bosque berhasil pulang membawa poin maksimal dari laga Pra-Piala Dunia 2014, Jumat (6/9) tersebut.

Kemenangan ini sekaligus membalas dendam Spanyol di pertemuan pertama. Kala itu, Finlandia memaksa hasil imbang 1-1 saat bertandang ke Spanyol.

Menghadapi tim sekuat Spanyol, Finlandia langsung menerapkan pola bertahan dengan mengurung diri di daerah pertahanan saat diserang. Sebaliknya, Spanyol dengan sabar mencoba membongkar tembok pertahanan lawan.

Tuan rumah menciptakan peluang lebih dulu berkat manuver Alexander Ring ke dalam kotak penalti Spanyol pada menit ke-12. Bola yang diarahkannya kepada Teemu Pukki diantisipasi Iker Casillas dengan menggunakan kaki.

Lima menit berselang, Finlandia kembali menebar ancaman bagi gawang Spanyol. Menerima umpan panjang Teemu Tainio, Pukki melepaskan tembakan dari luar kotak penalti meski belum mengarah ke sasaran.

Tak lama berselang, justru La Furia Roja yang mampu mencetak gol perdana di pertandingan ini. Menerima umpan Cesc Fabregas, Jordi Alba memperdaya dua orang pemain lawan, termasuk kiper, sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Pada menit ke-28, Andres Iniesta mengirim umpan panjang yang mengarah ke David Villa. Setelah berusaha menerobos ke pertahanan lawan sendirian, Villa melepaskan tembakan yang melebar dari gawang.

Meski terus mendominasi penguasaan bola, Spanyol tak mampu menambah keunggulannya. Di lain pihak, Finlandia juga belum berhasil memecah kebuntuan sehingga skor 1-0 bagi Spanyol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Alba menciptakan peluang lewat tembakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-61. Beruntung, tembakan yang sempat mengenai bek Finlandia itu berhasil diamankan kiper Niki Maenpaa.

Serangan balik Finlandia kembali merepotkan barisan pertahanan Spanyol. Umpan jauh Markus Halsti diakhiri tembakan Ring yang melambung tinggi di atas gawang Casillas.

Pertandingan berjalan 73 menit, Xavi Hernandez melepaskan umpan terobosan ke kotak penalti Finlandia. Striker pengganti, Alvaro Negredo yang berdiri bebas gagal mencecar operan tersebut.

Kali ini giliran Spanyol yang memanfaatkan serangan balik. Pada menit ke-85, Jesus Navas yang terlepas dari perangkap offside mengirim umpan ke kotak penalti yang berhasil dimaksimalkan oleh Negredo.

Hingga peluit panjang dibunyikan, keunggulan 2-0 tetap milik Spanyol. Hasil ini kian memperkokoh La Furia Roja di klasemen Grup I Zona Eropa dengan koleksi 14 poin dari total enam pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *