Aksi Heroik Lambert Bawa Inggris Kudeta Puncak

England v Moldova - FIFA 2014 World Cup Qualifier

Tak sia-sia Roy Hodgson memberi kepercayaan kepada Rickie Lambert. Sumbangan satu assist dan dua gol dari Lambert mewarnai kemenangan telak Inggris atas tamunya, Moldova, Jumat (6/9).

Pesta The Three Lions bermula pada menit ke-12. Kombinasi Ashley Cole dan Danny Welbeck berhasil mengalirkan bola ke kaki Frank Lampard. Sempat ancang-ancang menembak, Lampard justru melepas umpan ke Steven Gerrard. Dari jarak 25 yards, sang kapten menghujam pojok kanan atas gawang tim tamu.

Lima belas menit berselang, The Walcott menebar ancaman dengan tembakan dari sisi kanan. Penjaga gawang, Stanislav Namasco sempat menepis bola. Tetapi, Lambert menyongsong bola liar hingga menggandakan keunggulan tuan rumah.

Terasa manis untuk Lambert. Inilah gol keduanya dalam dua penampilan bersama Inggris.

Tuah Lambert belum berhenti. Pada masa injury time, dia berhasil mengirimkan umpan matang ke Welbeck. Bola gagal dijangkau Namasco sehingga tak sulit bagi Welbeck menceploskan bola ke gawang yang kosong. Skor 3-0 terpampang ketika turun minum.

Duet Lambert dan Welbeck masih tak puas. Babak kedua baru berjalan enam menit, Lambert menyodorkan bola dari sisi kiri. Welbeck menyambut dengan sepakan chip yang membuat Namasco tak berdaya.

Keunggulan empat gol cukup menenangkan Hodgson. Secara bergilir, Jack Wilshere dan Lambert ditarik keluar. Sementara itu, Ross Barkley dan James Milner masuk sebagai pengganti.

Barkley yang berstatus debutan, tampak menggebu-gebu. Lima belas menit jelang waktu normal berakhir, dia menerima umpan terobosan Gerrard dan melakukan percobaan dari jarak 25 yards. Sayang, Namasco berhasil menepis dengan tangan kanannya. Tiada gol hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan hasil ini, Inggris merebut posisi puncak yang baru 15 menit dikuasai Ukraina. Inggris mengoleksi poin serupa dengan Montenegro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *