Ajax Juara Liga Eredivisie Belanda

ajax juaraAjax Amsterdam mengukuhkan diri menjadi juara Eredivise Belanda untuk kali ketiga berturut-turut. Pada pekan ke-33, Ahad (5/5) malam, de Amsterdammers menggulung Willem II dengan skor 5-0.

Gol-gol Ajax pada pertandingan itu Kolbeinn Sigthorsson, Christian Eriksen, Viktor Fischer, Siem De Jong, Danny Hoesen.

Dengan musim 2012/2013 menyisakan satu pertandingan lagi, skuat Frank De Boer itu tak mungkin lagi dikejar pesaing terdekatnya, PSV Eindhoven. Dengan selisih empat poin, PSV tak mungkin lagi menyalip Ajax di klasemen.Ini adalah kali ketiga berturut-turut Ajax menjuarai liga kasta tertinggi di Belanda itu. Ajax sebelumnya meraihnya pada musim 2011/2012 dan 2012/2013.

Stadion Amsterdam ArenA bergemuruh menyambut kemenangan telak Ajax Amsterdam 5-0 atas Willem II Tilburg. Bukan cuma itu, kemenagan sekaligus memastikan Ajax meraih gelar juara Eredivisie musim 2012-13. Gelar ini sekaligus menjadi koleksi ke-32 bagi Ajax.
Dengan sisa satu laga, poin Ajax tak akan mampu lagi dikejar para pesaingnnya, PSV Eindhoven pun Feyenoord. Bagi Ajax bersama pelatih Frank De Boer, ini menjadi gelar juara ketiga secara beruntun sejak 2010-11.

Pesta gol Ajax di Amsterdam ArenA sudah dibuka pada menit ke-12 melalui Kolbein Sigthorsson. Babak pertama sendiri ditutup dengan skor 2-0 melalui Christian Eriksen pada menit ke-25.Pada paruh kedua, Ajax menambah tiga gol melalui Viktor Vischer pada menit ke-68, Siem De Jong menit ke-82 dan ditutup oleh Danny Hoesen menit ke-89. De Godenzonen pun berpesta dengan kemenangan 5-0.

Bagi De Boer, keberhasilan ini sekaligus membuat dia sejajar dengan eks pelatih PSV, Guus Hiddink yang mampu menyabet tiga gelar juara dalam tiga musim pertamanya. Tak cuma itu, De Boer pun menyamai catatan Ronald Koeman dengan meraih tiga gelar uara Eredivisie sebagai pemain dan pelatih.

Hasil Eredivisie, Sabtu (5/5):
Ajax 5-0 Willem II
AZ Alkmaar 4-0 Zwolle
Heracles 1-1 Twente
NAC Breda 5-3 Roda JC, PSV 4-2 NEC Nijmegen
ADO Den Haag 2-0 Feyenoord
RKC Waalwijk 3-2 Vitesse
Heerenveen 2-4 Utrecht
VVV Venlo 0-0 Groningen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *